Breaking News

26 Kota Jatim Waspada Cuaca Ekstrim Di Malam Tahun Baru.

  


Surabaya,  pnn.co.id - Sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim) diprediksi akan diguyur hujan hingga awal tahun 2023. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Jatim waspada terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem.
Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Sidoarjo Teguh Tri Susanto mengatakan sejak tanggal 21 Desember 2022 pihaknya telah merilis potensi terjadinya cuaca ekstrem selama sepekan atau hingga 1 Januari 2023. Teguh memaparkan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia diprediksi meningkat hingga awal tahun 2023 seiring dengan adanya dinamika atmosfer.

"Kondisi dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan tersebut antara lain Monsun Asia, menunjukkan aktivitas cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir dengan potensi dapat disertai adanya seruakan dingin dan fenomena aliran lintas ekuator yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan selatan," papar Teguh mengutip siaran resmi BMKG Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Seruakan dingin Asia merupakan fenomena yang cukup lazim. Fenomena itu terjadi saat Monsun Asia aktif. Indikasinya adalah adanya potensi aliran massa udara dingin dari wilayah Benua Asia menuju ke wilayah selatan.

Dampak dari munculnya seruakan dingin tersebut dapat meningkatkan potensi curah hujan di wilayah Barat Indonesia apabila disertai dengan fenomena Cross Equatorial Northerly Surge (CENS) atau arus lintas ekuatorial.

"Adanya seruakan dingin dari Asia yang disertai CENS ini dapat berdampak secara tidak langsung pada peningkatan curah hujan dan kecepatan angin di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan ekuator, termasuk wilayah Jawa Timur," ujarnya.

Teguh menambahkan, oleh sebab itu masyarakat Jatim perlu mewaspadai potensi hujan lebat hingga cuaca ekstrem saat malam Tahun Baru 2023.

Ini Daftar Kota/kabupaten di Jatim yang Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Saat Malam Tahun Baru 2023:

1. Kota Surabaya
2. Kota Batu
3. Kota Blitar
4. Kabupaten Sidoarjo
5. Kabupaten Bojonegoro
6. Kabupaten Jember
7. Kabupaten Jombang
8. Kabupaten Lumajang
9. Kabupaten Kediri
10. Kabupaten Mojokerto
11. Kabupaten Probolinggo
12. Kabupaten Pasuruan
13. Kabupaten Banyuwangi
14. Kabupaten Blitar
15. Kabupaten Bondowoso
16. Kabupaten Lamongan
17. Kabupaten Madiun
18. Kabupaten Magetan
19. Kabupaten Malang
20. Kabupaten Nganjuk
21. Kabupaten Ngawi
22. Kabupaten Ponorogo
23. Kabupaten Situbondo
24. Kabupaten Sumenep
25. Kabupaten Tuban
26. Kabupaten Tulungagung

(red.Df)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News