Breaking News

BPBD Pacitan Waspadai Cuaca Ekstrim.



Pacitan,  pnn.co.id - 
BMKG menyebut 12 daerah di Jawa Timur rawan banjir saat malam Tahun Baru 2023. Salah satu daerah yang berpotensi banjir adalah Kabupaten Pacitan. Sejumlah langkah telah disiapkan BPBD Pacitan mengantisipasi bencana akibat cuaca ekstrem.

"Kewaspadaan harus lebih ditingkatkan," terang Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko kepada awak media, Kamis (29/12/2022).

Erwin mengimbau wisatawan yang akan berlibur ke Kota 1001 Gua tak perlu resah. Meski demikian, wisatawan juga tetap harus waspada.

Bagi wisatawan yang mengunjungi pantai-pantai di Pacitan, BPBD mengingatkan agar tak mandi di laut. Lautan lepas Pacitan merupakan Samudera Hindia yang punya karakteristik gelombang tinggi.

Bagi wisatawan yang ingin lebih aman bermain air, Erwin menawarkan objek wisata alternatif daripada ke pantai. Salah satunya adalah pemandian air hangat Tirto Husodo di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari.

"Di sana (Tirto Husodo) sudah dibuat kolam sedemikian rupa. Sehingga wisatawan bisa lebih nyaman berenang dan bermain air," paparnya.

Terkait kesiapan pemkab menjelang libur Tahun Baru 2023, Erwin mengatakan pihaknya sudah melakukan langkah-langkah tertentu. Salah satunya menjalin kerja sama lintas instansi.

BPBD menyiagakan alat berat di beberapa jalur rawan longsor. Kendaraan jenis wheel loader itu berfungsi membersihkan material longsor sehingga lalu lintas tidak terganggu.

Tidak itu saja, BPBD juga menugaskan personel di sejumlah objek wisata, khususnya pantai. Petugas berseragam oranye akan bekerja sama dengan TNI-Polri dan pengelola destinasi untuk memastikan wisatawan aman.

"Petugas kami sebar ke objek-objek wisata. Tentu saja salah satu tugasnya adalah mengimbau wisatawan tetap berada di wilayah aman," tambahnya.

"Kami terus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan wilayah kecamatan dan desa. Sehingga diharapkan informasi sekecil apapun berkenaan kebencanaan dapat segera diketahui," kata Erwin.

Erwin juga minta masyarakat tetap tenang dan tidak panik terkait informasi prakiraan cuaca ekstrem. Yang terpenting justru membangun kesiapsiagaan sebagai bentuk pengurangan risiko.

Di sisi lain Pusdalops BPBD akan terus berupaya menginformasikan tiap perkembangan yang terjadi melalui beragam platform. Warga juga dapat memantau saluran resmi lain, seperti BNPB maupun BMKG.

Potensi Bencana Alam di Beberapa Destinasi Wisata Pacitan:

1. Rawan Gelombang Tinggi

Pacitan punya beragam pantai yang indah. Di antaranya ada Banyutibo, Buyutan, Klayar, Watukarung, Srau, Teleng, Pancer, Pidakan, Watubale, Soge, dan Taman. Deretan pantai tersebut berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Wisatawan diminta mewaspadai potensi gelombang tinggi. Oleh sebab itu, BPBD meminta wisatawan tidak berenang di laut.

2. Rawan Tanah Longsor

Dengan julukan Kota 1.001 Gua, Pacitan memang banyak punya destinasi wisata gua. Di antara yang paling banyak dikunjungi wisatawan, terutama saat libur tahun baru adalah Gua Gong dan Gua Tabuhan.

Namun, masyarakat yang ingin menuju ke sana diimbau tetap waspada dengan potensi tanah longsor. Jalanan menuju ke sana dikelilingi bukit. Jika hujan turun deras dan lama, potensi tanah longsor bisa saja terjadi.

(red.Df)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News