Breaking News

Semeru Kembali Erupsi.

 


 

Lumajang, pnn.co.id - Gunung Semeru kembali erupsi pada Minggu (18/12) pukul 07.00 WIB. Ketinggian kolom abu vulkanik mencapai 700 meter dari puncak mahameru.
"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," kata Petugas Pos Pantau Gunung Semeru, Mukdas Sofian dalam keterangannya, Minggu (18/12/2022).

Pihaknya merekomendasikan warga tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari pusat erupsi. Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan.

Pihaknya mengingatkan kepada warga agar tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (Pijar).

"Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru," jelasnya.

Terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.(red.Df)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News