Breaking News

Skenario Indonesia untuk Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

 
Jakarta,  pnn.co.id - Timnas Indonesia akan menghadapi pertandingan penting di Grup A Piala AFF 2022. Laga melawan tuan rumah Filipina akan menentukan lolos-tidaknya Skuad Garuda ke semifinal di turnamen sepak bola Asia Tenggara ini. 


Pertandingan itu tidak mudah karena Indonesia harus bermain tandang ke Filipina. Laga akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin, 2 Januari 2023, pukul 19.30 WIB. 


Indonesia harus mengalahkan Filipina pada laga terakhir Grup A itu untuk lolos ke semifinal karena pada pertandingan ketiga,  Kamis, 29 Desember 2022, hanya meraih hasil imbang 1-1 melawan Thailand. Thailand dan Indonesia sama-sama mengoleksi tujuh poin, tetapi tim berjulukan Gajah Perang itu memuncaki klasemen karena selisih gol. 


Kamboja yang berada di peringkat ketiga dengan enam poin masih berpeluang lolos ke semifinal jika bisa mengalahkan Thailand di pertandingan terakhir. Sedangkan Filipina (3 poin) dan Brunei Darussalam (0) sudah tersingkir.


Dalam tiga pertandingan yang sudah dilalui, Indonesia mengalahkan Kamboja 2-1, Brunei Darussalam 7-0, dan imbang dengan Thailand 1-1.


Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong yakin anak asuhnya bisa mengalahkan Filipina. "Tidak perlu khawatir karena kami pasti menang," kata Shin saat konferensi pers usai laga melawan Thailand.


Indonesia dan Filipina sudah bertemu 24 kali, di mana Tim Merah Putih unggul dengan 19 kemenangan, empat kali imbang, dan sekali kalah. Dua pertemuan terakhir di Piala AFF 2016 berakhir dengan skor imbang 2-2 dan pada Piala AFF 2018 juga imbang 0-0.


Berikut ini skenario Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022:


- Mengalahkan Filipina. Jika berhasil menang atas Filipina maka poin Indonesia menjadi 10 dan dipastikan lolos karena sudah tidak terkejar oleh Kamboja. Bisa lolos sebagai juara grup atau runner-up, tergantung hasil Thailand vs Kamboja dan selisih gol. 

- Jika Indonesia bermai imbang melawan Filipina, pasukan Shin Tae-yong masih berpeluang lolos, dengan catatan Kamboja kalah atau imbang melawan Thailand. Dengan tambahan satu angka, Indonesia mengoleksi delapan poin. 

- Jika kalah dari Filipina, Indonesia masih memiliki peluang lolos, dengan catatan Kamboja tidak boleh menang atas Thailand.  

(red.Df)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News