Breaking News

WASPADA! BPBD Memprediksi Cuaca Ekstrim Menerpa Jakarta Sampai 1 Januari.

 




Jakarta,  pnn.co.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan waspada cuaca ekstrem periode natal dan tahun baru, yakni 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 mendatang. Sejumlah wilayah di DKI Jakarta berpotensi mengalami curah hujan intensitas sedang hingga lebat.

"Berdasarkan siaran pers BMKG, hasil analisis terkini menunjukkan bahwa dalam periode sepekan kedepan terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia khususnya selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023," demikian keterangan yang disampaikan instagram @bpbddkijakarta, Minggu (25/12/2022).

Selama periode tersebut, BMKG memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Ibu Kota. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga menghadapi cuaca ekstrem.

"Potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 25 Desember 2022-1 Januari 2023 di wilayah DKI Jakarta," ujarnya.

"Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meminta jajaran Pemprov DKI menyiapkan berbagai langkah menghadapi kondisi cuaca ekstrem. Salah satunya, Heru Budi menginstruksikan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengeruk saluran air secara intens.

"Pertama, saya minta SDA segera tiap hari mengeruk saluran-saluran yang memang berpotensi mengurangi banjir," kata Heru Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2022).

Di samping itu, Heru Budi juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiapkan langkah antisipasi, khususnya dalam menghadapi potensi bencana akibat cuaca ekstrem.

"Berikutnya dari BPBD bisa juga mempersiapkan semuanya. Semoga bisa kita lewati dengan baik," jelasnya.

Melalui akun Instagramnya, Heru Budi juga menyatakan periode puncak musim hujan makin dekat. Dia pun mengimbau masyarakat membatasi aktivitas di luas rumah apabila terjadi cuaca ekstrem.

"Musim hujan semakin mendekati puncak. Saya mengimbau masyarakat Jakarta untuk lebih waspada dan batasi kegiatan di luar rumah jika cuaca menjadi ekstrem," ujarnya.

"Pemprov DKI Jakarta akan terus bekerja mengantisipasi potensi banjir dan bencana hidrometeorologi lainnya," sambungnya.(red.Df)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News