Breaking News

1.064 Rumah di Lebak Banten Terkena Dampak Dari Bencana Banjir

 
Lebak pnn.co.id - Sebanyak 1.064 rumah dan 6 ruas jalan di Kabupaten Lebak, Banten, dilaporkan terdampak bencana. Bencana banjir, tanah longsor, angin kencang terjadi akibat hujan deras di wilayah tersebut.

"Total rumah terdampak 1.064 rumah. Iya untuk semua peristiwa yang terjadi kemarin. Banjir, tanah longsor, pergerakan tanah, dan angin kencang," kata Kepala BPBD Lebak Febby Rizky Pratama kepada wartawan, Rabu (4/1/2023).

Febby menjelaskan, bencana itu terjadi di 42 desa atau 11 kecamatan di Lebak pada Selasa (3/1) kemarin. 11 kecamatan itu Kecamatan Banjarsari, Gunung Kencana, Kalanganyar, Cimarga, Muncang, Leuwidamar, Bojongmanik, Cikulur, Rangkasbitung, Cibadak dan Cileles.

Kondisi daerah yang terdampak banjir hari ini disebut sudah surut. Warga yang sempat mengungsi tadi malam pun sudah kembali ke rumah.

"Secara umum banjirnya saat ini sudah surut. Warga yang mengungsi juga sudah kembali ke rumahnya masing-masing," ujarnya.


Selain rumah, sejumlah infrastruktur juga dilaporkan rusak. Ada 6 titik jalan desa dan kabupaten yang mengalami amblas akibat diguyur hujan deras.

"Kemarin kita ke lokasi bersama instansi terkait, insyaallah penanganan jalan amblas akan segera dilakukan," jelasnya.

Lebih lanjut, BPBD akan fokus mendistribusikan bantuan logistik kepada warga terdampak di 11 kecamatan. BPBD juga mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem.

"Musim hujan diperkirakan masih terjadi hingga Februari, nah puncak musim hujannya memang Januari. Jadi kami tidak akan bosan mengingatkan masyarakat harus tetap waspada." katanya.

"Untuk saat ini, kami masih fokus penanganan pengiriman bantuan logistik, sekaligus melakukan peninjauan lapangan," pungkasnya.(red.WF)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News