Breaking News

Bangga dengan Perilaku Seorang Siswi SMP yang Membantu Mobil Damkar Keluar Dari Kemacetan

Jakarta, pnn.co.id - Seorang pelajar SMP di Kota Bogor, Jawa Barat membantu mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang terjebak kemacetan di Jalan Raya Empang, Kawasan Bogor Trade Mall (BTM). 

Siswa bernama Alvin itu secara spontan membukakan jalur di tengah kepadatan arus kendaraan sehingga mobil Damkar berhasil keluar.

Pihak Damkar rencananya bakal memanggil Alvin untuk memberi apresiasi atas aksi terpuji yang dilakukannya.

Peduli kemanusiaan

Wakil Komandan Regu 3 Damkar Sektor Ciomas, Kabupaten Bogor, Budi Faturachman mengaku, terharu dan berterima kasih kepada siswa SMP tersebut. 

Sebab, di tengah maraknya aksi tawuran di Kota Bogor, masih ada anak SMP yang paham dan peduli soal kemanusiaan. 

"Terharu, bangga, ada bocah SMP yang peka gitu. Kita sangat terima kasih sama dia. Pokoknya applause buat si Alvin. Apalagi di Bogor ini lagi banyak tawuran, gangster motor seusianya dia. Tapi, ternyata masih ada anak SMP paham dan peduli soal kemanusiaan begini. Mudah-mudahan dengan adanya viral ini bisa menginspirasi orang lain, terutama anak-anak seusianya," kata dia.

Aksi heroik 

Aksi siswa SMPN 7 Kota Bogor itu terjadi pada Kamis (19/1/2023) sekitar pukul 16.00 WIB. 

Ketika itu, petugas Damkar dalam perjalanan pulang usai bertugas menangani Jabar 65 atau kebakaran pada lapak rongsok di wilayah Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

"Jadi rekan di sana minta perbantuan ke (Damkar) Ciomas. Jam 9 kita langsung berangkat ke TKP dan selesai pas ashar. Api bisa padam itu ashar. Kita balik kanan," kata Budi.

Kemudian, saat mobil Damkar memasuki Jalan Empang, BTM, Kota Bogor, terjadi kemacetan sehingga anggota terjebak.

Lalu tiba-tiba, anak sekolah itu muncul ke depan mobil Damkar yang sedang terjebak macet.

Budi yang saat itu berada di dalam mobil Damkar pun terkejut.

Sebab, anak sekolah itu masih membawa tas dan tiba-tiba berlari melewati trotoar membantu petugas damkar menembus kemacetan.

"Jadi saat itu saya lihat ada anak SMP lagi jalan kaki di trotoar samping mall BTM itu. Terus pas lihat kondisi padat, dia spontanitas langsung buka jalur buat kita, diarahin ke kanan sama dia, itu pas mau sampai lampu merah Empang," ungkapnya.

"Kita kejadiannya pas mau balik, beres memadamkan kebakaran. Jadi prosedurnya, kita mau berangkat atau pun mau balik selesai penanganan itu harus cepat-cepat ke sektor jaga wilayah. Jadi pemadaman api di lapak rongsok itu sudah beres. Kita balik kanan untuk stand by. Berkat dia Damkar bisa keluar dari kemacetan," imbuhnya.

Video viral 

Aksi heroik itu sempat terekam dalam video berdurasi 1 menit 35 detik lalu diunggah akun Instagram @humasdamkarciomas hingga menjadi viral.

Alvin tampak berlari memberi isyarat kepada anggota Damkar supaya terus melaju ke sisi kanan jalan.

Aksi itu dilakukan di tengah-tengah kepadatan arus kendaraan di jalan tersebut. 

Berkat siswa itu, mobil Damkar berhasil keluar dari kemacetan. (red.bs)


0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News