Breaking News

Polres Tabanan Bentuk Polisi RW/Banjar

  

TABANAN, penanasioalnews.co.id - Guna tetap terpeliharanya situasi Kamtibmas dan kecepatan informasi yang bertalian dengan Harkamtibmas serta untuk kecepatan pelayanan Polri di bidang keamanan, pada hari Senin tanggal 26 Juni 2023 pukul 10.00 wita bertempat

Gedung Indoor GOR Debes -Tabanan, Polres Tabanan telah menyelenggarakan pembentukan Polisi Banjar yang diresmikan oleh Kapolda Bali melalui Direktur Binmas Polda Bali Kombes. Pol. Arsdo Ever P. Simatupang, S.I.K., S.H.


Pembentukan Polisi Banjar ini dikemas dalam suatu upacara yang dipimpin Dir Binmas Polda Bali selaku Irup. Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu Setianto, S.I.K., M.Si, Kabid Propam Polda Bali Kombes Pol. I Ketut Kusmayadi, S.I.K., S.H., Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes,S.H., S.I.K., M.H, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., dan Forkompinda Kabupaten Tabanan, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Hadir pula Waka Polres ,Pejabat Utama Polres Tabanan, Kapolsek jajaran,

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Tabanan,

Camat Tabanan, Kasat Pol PP Kab.Tabanan,Ketua MDA Kab.Tabanan/diwakilkan, Ida Cokordo Anglurah Tabanan, Jro Bendesa Adat Kota Tabanan, Tomas dan Toga Kabupaten Tabanan.


Pada kesempatan tersebut Dir Binmas Polda Bali selaku Irup membacakan sambutan Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, M.Si yang isinya antara lain bahwa dalam menjaga stabilitas Kamtibmas tidak akan bisa bekerja sendiri akan tetapi perlu kerjasama dengan instansi terkait lainnya bahkan dengan seluruh komponen masyarakat. “Untuk itu disampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait, sampai dengan saat ini situasi keamanan masih kondisi di wilayah Bali maupun di Kabupaten Tabanan khususnya. Kedepannya sinergisitas TNI – POLRI, Pemerintah Daerah, stakeholder dan komponen masyarakat lainnya agar kekompakan dan soliditas untuk menjaga keamanan dapat terus dipertahankan,” Ujar Kapolda Bali dalam sambutan tertulisnya.


Kapolda Bali juga menjelaskan bahwa “sinergisitas Polri dan masyarakat adalah kunci menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif, namun dengan adanya pelanggaran oknum anggota Polri belakangan ini menyebabkan adanya kerenggangan antara Polri dengan masyarakat, untuk itu Polri telah melakukan berbagai upaya untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat, salah satunya dengan program polisi RW / Banjar.”


“Polisi RW/Banjar bertujuan untuk menjaga situasi Kamtibmas sampai lingkup terkecil di masyarakat dan untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat, untuk mensukseskan Program Polisi RW di Bali, Polda Bali mengadopsi satuan wilayah terkecil di Bali yaitu Banjar, sehingga program Polisi RW di Bali akan di isi di setiap Banjar, dengan harapan bisa mendengar keluh kesah masyarakat sampai satuan wilayah terkecil untuk dapat dengan cepat mencari solusi apabila ada permasalahan di masyarakat,” jelas Kapolda Bali dalam sambutan tertulisnya.


Disampaikan pula bahwa “rencananya program Polisi Banjar akan bersinergitas dengan aparat banjar setempat serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa dan dalam pelaksanaanya ada pokok tugas yang harus dilakukan, antara lain menerima pengaduan dari masyarakat, bersama masyarakat memecahkan masalah yang terjadi atau menjadi problem solving, memberikan pelayanan, dan rasa aman di tengah masyarakat, bersama masyarakat mencegah intoleransi dan pro radikalisme, sebagai cooling system, untuk meredakan tensi politik menjelang Pemilu 2024”.


“Jumlah Polisi Banjar di Polres Tabanan memang belum dapat mengkoordinir seluruh Banjar di wilayah Kabupaten Tabanan, dimana saat ini Banjar yang diisi merupakan banjar dengan tingkat potensi gangguan yang lebih tinggi dengan Banjar lainnya, kedepan rencananya seluruh Banjar agar dapat diisi Polisi Banjar, sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat dalam menciptakan rasa aman, dimana pelaksanaan tugasnya nanti ada penekanan yang harus dilakukan Polisi Banjar, antara lain masyarakat sebagai mitra dalam menjaga Kamtibmas, kurangi arogansi, dan tingkatkan humanis dalam menjalankan tugas, monitoring kegiatan masyarakat di tempat tugasnya, agar membangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan elemen masyarakat lainnya. Selain itu agar segera menyelesaikan jika ada permasalahan, dan laporkan ke satuan atas, hal ini agar disesuaikan dengan pekerjaan sehari-hari agar tidak menghambat pekerjaan di kantor. Pada hari ini Senin tanggal 26 Juni 2023 pembentukan Polisi Banjar/Rw Polres Tabanan dengan ini saya nyatakan telah terbentuk,” tutup Kapolda Bali dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Dir Binmas Polda Bali. Pelantikan Polisi RW/Banjar ditandai dengan pemasangan badge lengan kepada perwakilan personil yang tersprint dalam Polisi RW/Banjar oleh Dir Binmas Polda Bali mewakili Kapolda Bali.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News