Breaking News

Dinas P3AP2KB Kota Kediri Gelar Pembinaan BKB Emas, Ini Tujuannya

  

Kediri, penanasioalnews.co.id - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Kediri menggelar pembinaan bina keluarga balita (BKB) emas pada Kamis (13/7). Diadakan di Taman Brantas Kota Kediri, kegiatan dihadiri perwakilan orang tua yang memiliki balita di setiap kelurahan di Kota Kediri.


Pembinaan BKB ini merupakan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional pada 29 Juni dan Hari Jadi ke-1.144 Kota Kediri pada 27 Juli. Kepala Dinas P3AP2KB Kota Kediri Sumedi mengatakan, BKB merupakan program yang dibuat oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Program ini untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam mendidik anak usia balita.


“Pembinaan BKB ini mengenai bagaimana memberikan gizi yang baik agar tidak stunting, pola asuh, dan lain-lain,” ujarnya. Dia juga menambahkan program ini sebagai bekal orang tua untuk membantu anak-anaknya menjalani usia balita dengan baik, benar dan menyenangkan.


Kepala Bidang Keluarga Berencana DP3AP2KB Kota Kediri Anik menjelaskan, BKB sebagai layanan penyuluhan bagi orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam mengasuh dan membina tumbuh kembang anak. “Yaitu melalui kegiatan stimulasi fisik, mental, intelektual, emosional, spiritual, sosial, dan moral,” terang Anik.


Pelaksanaan program BKB ini, lanjutnya, dilakukan oleh pengelola dan kader yang bekerja secara sukarela dari kalangan masyarakat sekitar. Sementara itu, orang yang menerima penyuluhan disebut sebagai kelompok BKB. Kelompok BKB umumnya terdiri dari keluarga muda dengan anggota yang mempunyai anak batita (bawah usia tiga tahun) atau anak balita (bawah usia lima tahun).


Selain pembinaan BKB emas, Dinas P3AP2KB Kota Kediri juga mengukuhkan duta genre stunting di seluruh kelurahan Kota Kediri. Duta genre ini diharapkan mampu bekerja sama dan berkontribusi dalam upaya penurunan angka stunting di Kota Kediri.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News