Breaking News

Jokowi Apresiasi Desa Berdaya Taman Inspirasi Waibu Binaan PLN

  

Papua, penanasioalnews.co.id - Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Desa Berdaya 'Taman Inspirasi Wajah Indonesia Baru (Waibu)'. Dalam kunjungannya ke Jayapura, ia menyempatkan berkunjung ke Agro Edu Tourism di Kampung Kwadeware, Distrik Waibu.

Dalam kesempatan ini, Jokowi melihat langsung produksi tanaman hidroponik, fresh mart, hingga produksi pakan ayam, farming lab, green house, bed garden, dan peternakan ayam pedaging. Ia turut mengingatkan pentingnya memperhatikan permintaan pasar dalam memproduksi suatu komoditas.


"Yang terpenting saya ingatkan tadi berangkatnya harus dari pasar, pasar permintaannya apa? Pasar demand-nya apa? Kemudian baru ke produksinya," ungkap Jokowi dalam keterangan tertulis, Selasa (11/7/2023).


Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua Sukahar menjelaskan PLN hadir di tengah masyarakat, salah satunya melalui program TJSL PLN yang ditujukan untuk memberi dampak pada kehidupan masyarakat.


"Sesuai dengan prinsip tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG's), PLN hadir langsung untuk masyarakat dan lingkungan. Melalui program Desa Berdaya ini kami hadir memberikan dampak luas bagi masyarakat sekitar," terang Sukahar.


Ketua Komunitas Kitorang Efra Ramandey mengungkapkan pihaknya berkolaborasi dengan PLN dalam mengembangkan desa. Menurut Efra, program ini sangat bermanfaat untuk menggerakkan perekonomian di distrik tersebut


"Program hasil kerja sama, salah satunya dengan PLN ini, bertujuan untuk mengembangkan ekosistem pertanian, yang dimulai dari hulu sampai ke hilir. Tentu ini menjadi wadah untuk mengedukasi masyarakat bahwa pengembangan pertanian dapat dilakukan melalui teknologi hidroponik," ungkap Efra.


Ia menambahkan terdapat beberapa tempat pengembangan pertanian, perikanan, serta peternakan yang dilakukan menggunakan teknologi di Waibu Argo Edu Tourism. Efra berharap program ini akan membuka lapangan pekerjaan dan menggerakkan kegiatan pertanian di Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.


"Bagi anak muda Papua, tentunya ini menjadi hal yang menarik, di mana pengembangan ini dilakukan dengan sentuhan teknologi dan sentuhan pariwisata. Semoga ini menjadi pionir-pionir pertanian yang ada di Papua," ujarnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News