Breaking News

Pemkot Kediri kenalkan produk daerah di Indonesia City Expo 2023

  

Kediri, penanasioalnews.co.id - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memamerkan berbagai macam produk daerah itu dalam Indonesia City Expo (ICE) 2023 yang digelar dalam rangka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVI di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Sulawesi Selatan.


Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan, mengikuti ICE pada Rakernas Apeksi ini menjadi kesempatan bagi para perajin untuk memperluas pasar sehingga produk-produk dari Kota Kediri semakin dikenal dan industri kerajinan dapat menjadi lebih besar.


"Jadi mengikuti pameran semacam ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Kediri untuk membuat produk-produk unggulan Kota Kediri semakin eksis. Pasar produk UMKM pun juga semakin luas dengan pameran ini," kata Abdullah Abu Bakar dalam keterangan diterima di Kediri, Kamis.


Ia menambahkan, mengikuti pameran ini juga membantu peningkatan kemampuan dalam menampilkan produk maupun ciri khas tiap kota sehingga cukup membantu para pelaku usaha khususnya UMKM memamerkan ke kota lain di Indonesia.


Booth Kota Kediri di tahun ini, menampilkan produk-produk IKM andalan Kota Kediri, salah satunya ada tepung gluten free. Tepung ini telah diekspor ke beberapa negara seperti Australia, Eropa dan Amerika.


Selain itu, dipamerkan juga kerajinan khas Kota Kediri antara alin kain tenun ikat, sarung goyor, syal, dan produk turunannya.


Terdapat juga berbagai macam kerajinan dari bahan batok kelapa, kemudian tas kombinasi kulit dan tenun yang telah dipasarkan nasional.


Tak ketinggalan produk-produk makanan khas Kota Kediri juga dipamerkan, misalnya sambal pecel, stik tahu, hingga aneka keripik. Produk keripik tempe asal Kota Kediri bahkan ada yang sudah diekspor ke Arab Saudi.


Wali Kota menambahkan Pemerintah Kota Kediri juga mendorong UMKM untuk go digital. Pemerintah kota telah memberikan berbagai pelatihan pemasaran digital ini dengan harapan produk-produk tersebut dikenal lebih luas sehingga UMKM pun bisa menjadi besar.


Terlebih lagi, saat ini pasar daring peluangnya cukup luas. Banyak masyarakat gemar belanja secara daring.


Pemkot Kediri juga telah bekerjasama dengan marketplace untuk ikut memasarkan produk UMKM asal Kota Kediri.


"Kami kerja sama dengan beberapa e-commerce untuk membantu memasarkan produk UMKM. Kalau sudah masuk digital, pasar mereka akan jauh lebih luas," kata Wali Kota.


Indonesia City Expo (ICE) merupakan pameran promosi kota yang digelar se-Indonesia. Kegiatan ini berlangsung pada 12-15 Juli 2023. Berbagai produk yang dipamerkan mulai dari makanan, minuman hingga kerajinan.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News