Breaking News

Tiba di Papua Nugini, Jokowi Disambut Perdana Menteri James Marape

  

JAKARTA, penanasioalnews.co.id - Usai lawatan ke Australia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan tiba di Bandara International Jacksons, Port Moresby, Papua Nugini, pada Rabu, 5 Juli 2023, sekitar pukul 11.00 waktu setempat dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.


Dilansir siaran pers Sekretariat Presiden, tampak Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape menyambut langsung kedatangan Jokowi. Setelahnya, PM Marape memperkenalkan para penyambut dari Papua Nugini, yakni Menteri Acara Kenegaraan Justin Tkachenko, Gubernur Ibu Kota Negara Powes Parkop, Kepala Sekretariat Departemen Pemerintahan Kantor PM dan NEC Ivan Pomaleu, Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri Elias Wohengu, dan Panglima Angkatan Bersenjata Mayor Jenderal Mark Goina. 


Sementara itu dari pihak Indonesia, nampak menyambut kedatangan Jokowi adalah Duta Besar RI untuk Papua Nugini Andriana Supandy dan Atase Pertahanan KBRI Port Moresby Kolonel Inf Piter Dwi Ardianto.


Usai perkenalan, kedua pemimpin menuju panggung kehormatan dengan iringan dentuman meriam untuk kemudian mendengarkan lagu kebangsaan. PM Marape lantas mempersilakan Presiden Jokowi untuk melakukan pemeriksaan pasukan jajar kehormatan. Setelah itu, Presiden Jokowi bersama dengan PM Marape berdiri di panggung kehormatan untuk kembali mendengarkan lagu kebangsaan dari kedua negara. Usai menjalani upacara penyambutan yang berlangsung sekitar 30 menit, Presiden Joko Widodo kemudian menyaksikan tarian "Hiri Motu" sebelum menuju mobil untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.


Di Papua Nugini, Presiden Jokowi diagendakan akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Jenderal Papua Nugini Bob Dadae. Setelahnya, Presiden dijadwalkan melakukan pertemuan tatap muka dan pertemuan bilateral dengan PM James Marape. Selain itu, Jokowi juga akan menghadiri pertemuan forum bisnis dengan para pengusaha di Papua Nugini dan meluncurkan penerbangan perdana maskapai citilink rute Denpasar-Port Moresby.


Menurut Presiden Jokowi, kunjungannya ke Papua Nugini kali ini dalam rangka memenuhi undangan PM Marape. “Ini adalah kunjungan balasan, memenuhi undangan Perdana Menteri James Marape,” kata Jokowi dalam keterangannya di Halim Perdanakusuma pada 3 Juni 2023. Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Papua Nugini adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Kemudian, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News