Breaking News

Surya Paloh Tepis Kabar Deklarasi Cawapres Anies Alot karena AHY Ditolak

JAKARTA, penanasionalnews.co.id - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menepis kabar yang menyebut deklarasi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Anies Baswedan berlangsung alot, karena mereka menolak Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai kandidat. 

Surya Paloh malah merasa bingung kenapa sampai ada pikiran seperti itu "Bukan, itu pasti bukan. Saya enggak mungkin juga... Bagaimana saya sampai pemikiran seperti itu," ujar Paloh saat ditemui di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2023). 

Diketahui, Partai Demokrat terus mendorong agar AHY dipilih Anies sebagai bacawapres. Bahkan, Demokrat sempat mengancam akan mengevaluasi Anies bila mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak kunjung mengumumkan nama calon pendampingnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Meskipun hingga kini ancaman evaluasi itu tak kunjung dilaksanakan. 

Paloh menegaskan sampai saat ini optimisme di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), koalisi pendukung Anies yang berisi Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), cukup tinggi. 

Lihat Foto Bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan mengumpulkan anggota Tim 8 Koalisi Perubahan setelah Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh pergi dari Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (24/8/2023). (KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA) Dia menilai soliditas ketiga partai di Koalisi Perubahan masih terjaga secara baik. 

"Ketiga partai koalisi pendukung Mas Anies ini masih terjaga secara baik ya, jadi tidak ada masalah," tuturnya. 

Paloh pun mengungkit deklarasi pencapresan Anies secara resmi oleh ketiga parpol koalisi. Saat deklarasi, setiap parpol telah menyerahkan sepenuhnya urusan penunjukkan cawapres kepada Anies. 

Paloh lantas menyinggung bakal capres lain, seperti Ganjar Pranowo yang diusung koalisi PDI Perjuangan dan Prabowo Subianto yang diusung Partai Gerindra cs, yang juga belum mendeklarasikan cawapresnya masing-masing. 

"Kawan-kawan barangkali juga memahami yang pertama kali dideklarasikan sebagai capres siapa? Anies Baswedan. Enggak ada salahnya juga Bung Anies barangkali sedang memikir-mikirkan bisa memberikan kesempatan kepada ya, kawan-kawan lain untuk mencapreskan dahulu wapres-nya, bisa saja," kata Paloh. 

Sementara itu, Paloh tidak merasa didorong-dorong oleh Demokrat untuk segera mendeklarasikan AHY sebagai cawapres Anies. 

Namun, dia mengaku tidak tahu apakah PKS dan Anies mengalami desakan tersebut. 

"Masa saya diultimatum," imbuhnya.(red.nr)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News