Breaking News

Tahun Politik Bikin Penggunaan Internet Naik?

 


Jakarta, penanasionalnews.co.id -  Tahun politik diprediksi berpengaruh pada saat kampanye, meski tak secara keseluruhan sepanjang pemilu, terhadap penggunaan data alias traffic bila dibandingkan momen khusus seperti Lebaran dan Natal.




Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa menjelaskan traffic tahun politik hanya signifikan pada acara-acara khusus.



"Traffic tahun politik tidak pernah kita hitung khusus, biasanya cuma Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Tahun politik akan berpengaruh kalau ada kampanye di spot khusus seperti GBK. itu saja yang berbeda dari tahun biasa," ungkap Gede di acara Media Update Kinerja XL Axiata Pertengahan 2023, Senin (31/7).




Senada, CEO XL Axiata Dian Siswarini menjelaskan peningkatan traffic pada tahun tidak setinggi hari raya keagamaan.



"Tahun politik biasanya memberikan perubahan enggak cuma industri telekomunikasi, tapi makro-ekonomi juga. Untuk XL, atau dunia telco, perubahannya adalah karena telekomunikasi akan jauh lebih intens karena para calon banyak melakukan kampanye," kata dia di kantornya, Senin (31/7).



XL Axiata sendiri memproyeksikan pertumbuhan pendapatan tahun ini karena tahun politik dapat mengubah kondisi makroekonomi.



Pasalnya, traffic penggunaan data pada sektor telekomunikasi akan lebih intens dengan berlangsungnya kampanye.



"Tahun politik biasanya memberikan perubahan, enggak cuma industri telco tapi makro ekonomi juga. Untuk XL atau dunia telco perubahannya adalah karena telekomunikasi akan jauh lebih intens karena para calon banyak melakukan kampanye," tutur Dian.



Berdasarkan laporan kinerja tengah tahun, jumlah pengguna XL Axiata mengalami peningkatan hingga 58 juta. Selain itu XL mengungkapkan peningkatan traffic pengguna 21 persen dari tahun lalu (YoY), atau lebih tinggi 4 persen dari proyeksi perusahaan.



Perusahaan juga meraih total pendapatan Rp15,78 triliun, tumbuh 12 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu. Pendapatan data dan layanan digital mencapai Rp14,41 triliun, atau sekitar 91 persen dari total pendapatan.


Mengutip laman resminya, XL Axiata juga membukukan pertumbuhan laba bersih setelah dinormalisasi (NPAT), yaitu sebesar Rp658 miliar.



Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), masa kampanye Pilpres 2024 adalah pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Tahapan itu digelar usai rampung masa pendaftaran capres-cawapres 19 Oktober–25 November 2023.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News