Breaking News

Tanggal 21 Oktober Memperingati Hari Apa? Ini Serba-serbinya


Jakarta, penanasionalnews.co.id -   Tanggal 21 Oktober diperingati Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia atau Global/World Iodine Deficiency Disorders Prevention Day. Hari ini bermaksud mendorong kesadaran akan peran yodium dalam kesehatan tubuh manusia.

Disebut juga sebagai Hari Defisiensi Yodium Sedunia atau World Iodine Deficiency Day, peringatan hari ini diadakan pada tanggal 21 Oktober setiap tahunnya. Berikut serba-serbi sejarah, tujuan dan cara memperingatinya:

Tujuan
Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia atau Hari Defisiensi Yodium Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang fungsi penting yodium dalam kesehatan manusia. Ini sebagai kampanye upaya pencegahan gangguan kekurangan/defisiensi yodium.

Yodium adalah mikronutrien yang diperlukan untuk fungsi tiroid yang tepat, serta untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Kekurangan akan yodium mampu menyebabkan beberapa gangguan dalam beberapa fungsi tubuh, termasuk detak jantung, metabolisme, suhu tubuh, dan kontraksi otot.

Sejarah
Dikutip dari laman National Day Calendar, Hari Pencegahan Gangguan Kekurangan Yodium Sedunia ditetapkan pertama kali pada tahun 1990. Tepatnya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Dunia untuk Anak-anak pada tahun 1990 silam.

Para pemimpin dunia menetapkan tujuan untuk menghilangkan kekurangan yodium. Pada tahun-tahun berikutnya, negara-negara seperti India dan Cina menetapkan Hari Nasional mereka sendiri untuk Pencegahan Gangguan Defisiensi Yodium.

Selanjutnya, negara-negara dari seluruh dunia juga telah memberikan dukungan mereka di belakang inisiatif kampanye Hari Pencegahan Gangguan Defisiensi Yodium Sedunia ini dan menemukan cara untuk memastikan warganya mendapatkan cukup yodium.

Pada tahun 1991, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengambil langkah-langkah untuk mengurangi kekurangan yodium di seluruh dunia. WHO juga menetapkan indikator untuk memungkinkan penilaian kekurangan yodium di tingkat populasi dunia.

Tanggal 21 Oktober dipilih untuk memperingati Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia atau Hari Defisiensi Yodium Sedunia. Sejak saat itu sampai sekarang, setiap tahunnya pada tanggal 21 Oktober diperingati hari tersebut.

Cara Memperingati
Berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka mendukung peringatan Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia setiap tanggal 21 Oktober:

Pelajari lebih lanjut tentang yodium
Yodium penting bagi semua orang. Pada hari ini, luangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang pentingnya dan mendidik semua orang tentang hal itu.
Lakukan pemeriksaan tiroid
Jadwalkan janji temu untuk memeriksa kadar tiroid dalam tubuh. Hal ini sangat penting apabila seseorang mengalami gejala yang berhubungan dengan kadar yodium rendah.
Donasi atau galang dana
Melakukan donasi atau galang dana ke beberapa organisasi yang berjuang melawan kekurangan yodium. Atau juga dapat mendorong orang lain untuk melakukannya melalui media sosial.
Kampanye di media sosial
Sebarluaskan informasi tepat dan kampanye tentang peringatan Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia di berbagai media sosial.

(red.NR)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News