Breaking News

Kondisi Kafe Di Ungaran Barat Setelah Terjadi Banjir

  


Semarang  pnn.co.id - Pengunjung salah satu kafe di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, sempat terjebak gegara jalan tergenang luapan sungai kemarin malam. Begini kondisi terkini lokasi kejadian.

 kafe itu berada di Ngablak, Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat. Kafe berada di pinggir sungai dengan pemandangan sawah dan perbukitan.

Jembatan penghubung kafe tampak putus. Puing jembatan itu masih bisa dilihat di pinggir sungai. Selain itu terlihat jalan beton yang membelah sungai.

Salah satu pekerja di kafe tersebut mengatakan jembatan roboh sejak 4 Januari lalu. Sementara akses jalan beton bisa dilintasi pengunjung dan kendaraan untuk sementara waktu.

"Ada jembatan memang tapi roboh sudah hanyut waktu tanggal 4 kemarin. Pengunjung biasanya lewat jalan yang di bawah. Sementara," ujar pekerja perempuan yang tidak bersedia namanya ditulis itu, Senin (16/1/2023).

Ia menjelaskan, akses jalan beton itu memang kerap terendam air, bukan hanya malam tadi saja. Namun banjir itu biasanya cepat surut dan tak mengganggu aktivitas pengunjung.

"Mungkin pengunjung semalam panik terus minta bantuan, itu kejadiannya sekitar jam 20.00 WIB. Saya pulang itu jam 21.00 sudah surut, bisa dilewati lagi," jelasnya.

Sementara itu, pekerja lainnya di kafe tersebut, Mbah No mengatakan saat ini pengelola kafe sedang membangun jembatan baru. Ia memperkirakan dalam waktu dekat jembatan tersebut selesai dibangun.

"Iya ini sedang dibangun jembatan baru, sedang mondasi lagi, karena jembatan yang lama kan roboh terkena banjir," kata Mbah No.

Diberitakan sebelumnya, hujan lebat sejak sore hingga malam membuat debit air sungai meluap di Ungaran Barat, Minggu (15/1). Akibatnya pengunjung salah satu kafe yang berada dekat sungai itu terjebak banjir.

"Hujan yang sangat deras dari sore hingga malam tadi debit air meningkat dengan sangat cepat. Beberapa pengunjung di Cafe Akar Langit, Candirejo, Ungaran Barat terjebak dikarenakan akses jalan keluar Cafe Akar langit tertutup luapan air sungai pada pukul 19.30 WIB," tulis Satpol PP Damkar Kabupaten Semarang lewat Instagramnya @satpolppkabsemarang, Senin (16/1).

"Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Semarang @bpbd.ungaran melakukan evakuasi penyelamatan para pengunjung yang terjebak di cafe tersebut. Dengan menggunakan tali yang dibentangkan di jalan yang terputus karena arus sungai tim rescue Damkar dan BPBD berhasil menyelamatkan 8 pengunjung yang sempat terjebak di cafe akar langit," terangnya.

Dalam Instagram tersebut juga disertakan video evakuasi para pengunjung kafe yang terjebak. Tampak air dari banjir bandang itu mengalir deras.

Para petugas pun secara berhati-hati melakukan evakuasi dibantu dengan seutas tali yang dibentangkan dari ujung jalan ke jalan lainnya. Tampak seorang pengunjung yang menggendong anaknya berpegangan pada tali tersebut.(red.wf)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News