Breaking News

Lima Tahun Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Banner "Kawasan Pesona Gronjalan".

 


MAGELANG,  pnn.co.id – Jalan rusak berlubang-lubang tak segera diperbaiki membuat warga kesal. Lantas membuat baner “Kawasan Wisata Pesona Gronjalan” bertuliskan wahana : jalan berlubang abadi, lintasan zigzag, senam perut, velg bengko, uji ketangguhan kendaraan. Ditambah foto jalan yang rusak. Baner sindiran ini dipasang di antara Dusun Permitan-Manggoran Desa Bondowoso, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. 


Jalan penghubung desa ini rusak, berlubang-lubang. Kepala Desa Bondowoso Muh Thoifur mengatakan jalan penghubung itu memang rusak sejak lama, namun sampai sekarang belum dibenahi. “Saya sebenarnya senang dengan viralnya jalan rusak tersebut di media sosial. Ini menandakan masyarakat juga capek dengan kondisi jalan yang rusak parah dan sudah punya keberanian menyuarakan isi hatinya,” ungkapnya kepada Radar Magelang, Jumat (13/1/2023).


 Jalan penghubung ini kata dia, merupakan jalan kabupaten. Jadi desa tidak punya kewenangan. Pihak desa juga sering mengusulkan perbaikan bahkan dijanjikan akan diperlebar masing-masing satu meter di sampingnya, namun belum terealisasi. Jalan ini menjadi akses utama warga untuk melakukan aktivitas, misalnya ke sekolah atau Pasar Sraten. 


“Desa tidak memiliki kewenangan untuk menangani, karena jalan itu merupakan kewenangan pemda, jadi milik kabupaten. Sehingga pihak desa tidak memiliki kewenangan. Dari tahun 2018 pemdes berkali-kali mengusulkan, hingga yang menangani sudah pensiun,” ujar Muh Thoifur.


 Beberapa warga juga mengaku capek dengan kondisi jalan yang tidak lekas diperbaiki ini. Amar Hadi Saputra, warga Dusun Permitan mengeluhkan kondisi jalan rusak tersebut. Sempitnya jalan juga membuat macet setiap hari saat berangkat kerja. 


“Prihatin jika melihat jalan yang seperti itu. Tidak jarang menimbulkan kecelakaan, terlebih ketika hujan atau malam hari,” ujarnya. Ia juga mengatakan, jika hujan dan malam hari, lubang tidak kelihatan sehingga rawan terjadi kecelakaan.  


“Kemarin juga ada kecelakaan motor, nabrak pagar rumah sampai lepas karena menghindari mobil saat berpapasan,” ujarnya. 

(red.Df)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News