Breaking News

Viral!!! Bocah SD Di duga Buta Waktu Bermain lato-lato

 


Surabaya  pnn.co.id - Beredar pesan viral yang mengabarkan seorang anak mengalami cedera parah karena bermain lato-lato. Disebutkan, bocah SD tersebut sampai buta karena terkena lato-lato.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut peristiwa tersebut termasuk kasus trauma. Oleh karena itu, tidak wajib dilaporkan ke Kemenkes RI.

''Ini kasus trauma, jadi bukan kejadian keracunan dan penyakit ya,'' terang dr Nadia, Senin (9/1/2022).

Kendati demikian, dr Nadia tetap mengimbau agar orang tua bisa mengawasi anak-anak saat bermain lato-lato. sehingga tidak muncul kejadian serupa. Cedera serupa juga sempat dilaporkan di Amerika Serikat. Pasalnya, anak-anak terkadang memainkan lato-lato terlalu dekat dengan wajah sehingga pecahan material berpotensi masuk dan mengenai mata, muncul risiko kebutaan.

FDA AS sempat melarang permainan ini di 1966 silam. Keputusan FDA didukung sejumlah komunitas dan organisasi untuk mencegah kebutaan (Society for the Prevention of Blindness) akibat lato-lato.

Di Mesir, mainan lato-lato juga sempat dilarang karena alasan kesehatan. Banyak yang menilai pengawasan permainan lato-lato pada anak penting dilakukan.

Sebagai informasi, beredar kabar seorang anak buta karena terkena lato-lato. Belum ada informasi yang jelas di balik keterangan viral anak yang disebut buta akibat terkena mainan lato-lato. Baik dari lokasi kejadian hingga kronologi yang terjadi.

''Assalamualaikum teman2..mau saling mengingatkan yg pada punya anak main lato-lato diawasin yaa... ini temen ponakan SD kelas 3 main lato2 kena bola mata pecah akhirnya diangkat dan mata buta sebelah, dah makan korban yaa.. Waspadalah waspadalah'' tutur @muha***dau***d3.(red.wf)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News