Breaking News

Gadis Diperkosa Ipar hingga Melahirkan Akan Trauma Healing di Palembang

Lahat, penanasionalnews.co.id  – Kementerian Sosial mendatangi kediaman RA (16), gadis yang diperkosa kakak iparnya hingga melahirkan di Lahat, Sumatera Selatan. Kemensos membawa korban ke Palembang untuk diberikan trauma healing.


Hal itu diungkapkan Kasat Reskrim Polres Lahat AKP Sapta Eko Yanto, usai pihaknya mendampingi utusan Kemensos yang mengunjungi kediaman kakak kandung RA (istri Candra) di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan pada Kamis (30/11/2023) sekitar pukul 10.00 WIB.

"Iya berdasarkan hasil kunjungan memang arahnya akan seperti itu (RA akan dibawa ke Palembang)," kata AKP Sapta dikonfirmasi detikSumbagsel, Kamis (30/11).

Dia menyebut, kegiatan kunjungan ke rumah korban itu bertema Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) yang juga didampingi Unit PPA Satreskrim Polres Lahat. Ada 3 orang perwakilan dari Kemensos, yakni Winda Wikantantri, Psikolog Klinis Ahli Pertama Direktorat Anak Kemensos, Elimiana dan Luksot Pratama, dan Pensos ahli muda UPT Balai Budi Perkasa Palembang.

Berdasarkan hasil kunjungan itu, sambungnya, korban akan mendapat bantuan dari Kemensos berupa trauma healing khusus. Korban bersama orang tuanya akan dibawa ke Palembang dalam waktu dekat.

"Dari hasil kegiatan tersebut Kemensos RI berencana akan membawa korban didampingi orang tuanya ke Central Budi Perkasa di Palembang guna dilakukan pengecekan terkait kesehatan fisik dan mental korban," jelasnya.

Setelah melakukan assessment di kediaman RA di Lahat, Kemensos juga memberikan sejumlah bantuan ke RA. Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban RA yang kini masih trauma dalam merawat bayinya. Disamping itu, Kemensos juga memberikan bantuan ke anak dan istri Candra.

"Hari ini kami lakukan assessment awal. Dan ada beberapa bantuan seperti perlengkapan sekolah, perlengkapan rawat diri, paket nutrisi tambahan kepada korban, dan anak dari pelaku (Candra)," kata Psikolog Direktorat Anak Kemensos RI, Winda Wikantantri dikonfirmasi detikSumbagsel, Kamis (30/11/2023).

Setelah RA sampai di Palembang, Kemensos berencana akan langsung memeriksakan kesehatan RA dan memberikan terapi psikologis terhadapnya.

"Selanjutnya kami akan lakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan psikis (terhadap RA) di Palembang, untuk lebih intensif memberikan terapi psikososial kami bawa korban ke Sentra Budi Perkasa," terangnya.

Kronologi Pemerkosaan
Diketahui, RA (16) menjadi korban kebejatan kakak iparnya, Candra (32). Memanfaatkan ketiadaan istrinya di rumah, Candra memerkosa adik iparnya hingga hamil dan melahirkan.

Kasat Reskrim Polres Lahat, AKP Sapta Eko Yanto mengatakan aksi bejat Candra dilakukannya terhadap RA di kediamannya di kawasan Kota Jaya, Lahat, pada Sabtu (21/1/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

RA diketahui tinggal satu rumah dengan Candra sejak 2021 lalu. RA yang masih bersekolah menumpang tinggal dengan kakak kandung yang tak lain adalah istri Candra. Saat kejadian, kebetulan istri Candra, RN tak berada di rumah. Tiba-tiba RA yang sedang menyapu di kamarnya didatangi Candra dan langsung diperkosa.

Berselang lima hari tepatnya pada Kamis (26/1/2023) sekitar pukul 05.00 WIB, kejadian serupa kembali terjadi dengan modus yang sama. Saat itu pelaku memerkosa korban, saat korban sedang tertidur pulas di kamarnya.

Diduga merasa aman karena korban hanya bisa bungkam atas ancamannya, Candra kembali mengatur siasat. Lima hari kemudian, pada Rabu (1/2/2023) sekitar pukul 05.00 WIB, Candra pun memerkosa korban lagi.

Korban pun hamil atas ulah Candra tersebut. Kehamilan RA itu terbongkar usai sang ibu, HR main ke rumah Candra pada 27 September 2023 lalu.

"Saat itu ibu korban ini curiga, melihat kaki korban sedang bengkak, dan curiga bahwa korban sedang hamil. Saat didesak sang ibu, korban pun mengaku bahwa ia memang sedang hamil dan pelakunya adalah kakak ipar korban (Candra)," ujarnya.

Ibu korban yang tak terima langsung melaporkan kejadian itu ke polisi pada 20 Oktober 2023. Dari laporan itu, polisi pun melakukan penyelidikan dan mengumpulkan sejumlah bukti.

Lalu pada Jumat (3/11/2023), RA pun dikabarkan telah melahirkan seorang anak perempuan dalam kondisi sehat. "Korban melahirkan seorang anak perempuan pada 3 November tadi," katanya. (red.IY)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News