Breaking News

Kemenkes Beri Penghargaan Swasti Saba kepada Kota Kediri

 

Kediri, penanasionalnews.co.id  – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan penghargaan untuk Kota Kediri, yakni penghargaan Swasti Saba kategori Padapa karena dinilai berhasil menjalankan program Kabupaten Kota Sehat (KKS).


Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah, Rabu, mengungkapkan penghargaan ini merupakan apresiasi Pemerintah Pusat terhadap kinerja pemerintah daerah, khhususnya dalam bidang kesehatan. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Kediri untuk terus meningkatkan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

"Alhamdulillah, kinerja dari Kota Kediri mendapat apresiasi dari Menteri Kesehatan melalui penghargaan ini. Tentu kami akan mempertahankan dan meningkatkan apa yang sudah baik. Untuk yang kurang kami akan kejar dan bereskan," katanya di Kediri, Jawa Timur.

Ia menambahkan, Menteri Kesehatan juga mengatakan bahwa ada dua tugas yang harus dilakukan pemerintah daerah yakni mendekatkan layanan kesehatan primer kepada masyarakat, serta mendorong rumah sakit provinsi dan daerah mulai bisa menangani penyakit berat yang selama ini tidak tertangani di daerah.

Zanariah juga mengungkapkan ke depan tantangan akan banyak dihadapi di bidang kesehatan terutama di kawasan perkotaan. Dari arahan Menteri Kesehatan menyebutkan bahwa ke depan semakin banyak orang yang akan tinggal di kota dan adanya perubahan iklim akan membuat masalah kesehatan di perkotaan semakin komplek.

Selain itu, masalah penyakit menular dan tidak menular juga harus diperhatikan agar masyarakat tetap sehat. Terlebih lagi, pada El Nino seperti saat ini kasus demam berdarah pasti akan mengalami peningkatan.

Ia menambahkan ada juga penyakit jantung dan stroke yang angkanya semakin tinggi akibat gaya hidup kurang sehat.

Menkes juga mengimbau untuk memperbanyak fasilitas olahraga, jalur sepeda, trotoar yang layak untuk pejalan kaki, sehingga masyarakat sehat tidak perlu ke rumah sakit.

Selanjutnya juga tentang masalah kesehatan jiwa, seperti anxiety dan depression.

"Pastinya apa yang disampaikan Pak Menteri Kesehatan menjadi catatan bagi kami. Tentu akan segera ditindak lanjuti. Harapannya, diraihnya penghargaan ini dapat menjadikan masyarakat Kota Kediri untuk lebih sadar akan hidup bersih dan sehat," kata dia.

Penghargaan tersebut diterima oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah di Jakarta. Penyerahan penghargaan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam acara Malam Penganugerahan 'Tanda Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (Swasti Saba) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tahun 2023.

Turut mendampingi dalam acara tersebut Kepala Bappeda Kota Kediri Chevy Ning Suyudi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Muhammad Fajri Mubasysyir, dan Ketua Forum Kota Kediri Sehat Indasah. (red.IY)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News