Breaking News

Pegiat Tulungagung Gelar Aksi Simpatik Peringati Hari AIDS Sedunia

 

Tulungagung, penanasionalnews.co.id  – Ratusan aktivis Tulungagung menggelar aksi simpatik memperingati hari AIDS sedunia. Mereka membagikan bunga dan brosur berisi literasi tentang HIV dan AIDS ke pengguna jalan.

Sekretaris 1 Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Tulungagung Ifada Nurrohmania, mengatakan rangkaian aksi dimulai dengan jalan kaki melingkari Alun-Alun Tulungagung sambil membentangkan spanduk.

"Kami memberikan bunga kepada pengguna jalan, ini sebagai simbol ajakan agar kita peduli terhadap HIV-AIDS. Kami juga memberikan brosur yang berisi pengetahuan tentang HIV-AIDS," kata Ifada Nurrohmania, Jumat (1/12/2023).

Menurutnya dengan aksi tersebut pihaknya berharap masyarakat lebih peduli terhadap risiko penyebaran HIV-AIDS. Mengingat, dari hasil penelusuran KPA maupun dinas kesehatan setiap tahun masih ditemukan ratusan penderita baru.

"Sesuai tema tahun ini, bergerak bersama komunitas. Jadi kami menyampaikan ke masyarakat, kita punya populasi kunci berisiko, populasi kunci berisiko itu yang perlu kita maintenance ya, karena itu akan memproteksi komunitas yang lebih besar atau populasi yang lebih besar. Sehingga kita menghindari stigma dan diskriminasi pada semua," imbuhnya.

Ifada menjelaskan pada tahun ini di Tulungagung terdapat 327 penderita baru yang dinyatakan positif HIV-AIDS. Temuan itu diketahui berbagai metode penelusuran yang dilakukan oleh dinas kesehatan.

"Perlu kita ketahui bahwa Odha di Tulungagung itu mayoritas adalah usia produktif antara 15 tahun sampai dengan 49 tahun," jelasnya. (red.IY)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News