Breaking News

26 Rombongan Pelajar Bawa Sajam di Magelang Dihukum Sungkem Ortu, 5 Ditahan

 

Magelang, penanasionalnews.co.id  – Polres Magelang Kota mengamankan 26 pelajar SMK yang diduga ikut dalam rombongan membawa senjata tajam (sajam) di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Magelang. Hasil pemeriksaan, lima anak ditetapkan menjadi tersangka pengeroyokan.


Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang mengatakan sudah melakukan pemeriksaan terhadap 26 anak. 5 anak dinyatakan cukup bukti.

"Dari 26 anak ini, kemarin (Kamis) sudah kita sampaikan bahwa ada 5 yang sudah terbukti cukup buktinya untuk mereka dinyatakan bersalah dengan melakukan tindakan pembacokan dan juga membawa senjata tajam," kata Yolanda kepada wartawan di Aula Polres Magelang Kota, Jumat (1/12/2023).

Polisi kemudian menghadirkan orang tua siswa dan guru tempat anak sekolah. Sebanyak 21 anak dilakukan pembinaan dan dikembalikan kepada orang tuanya masing-masing.

"Lima (anak) ini kami tetapkan (tersangka) nanti akan diproses secara hukum dan sikap proses lanjut. Hari ini kelimanya, kita lakukan penahanan. Yang 21 anak, hari ini kita serahkan kepada orang tua dengan memberikan surat pernyataan, pernyataan dari orang tua dan anaknya," kata Yolanda.

Sebelum diserahkan kepada orang tuanya masing-masing, 26 anak diminta sungkem di kaki orang tuanya dan meminta maaf atas kejadian yang dilakukan. Saat dilangsungkan sungkeman maupun pencerahan ini diwarnai isak tangis. Bahkan ada salah orang tua siswa sampai terkulai lemas.

"Kita harapkan tadi dengan sungkeman ada satu hubungan antara orang tua dan anak. Mereka bisa saling maaf-maafkan dan dari memaafkan itu yang kita berharap semoga anak-anak ini nanti setelah kegiatan ini mereka juga bisa lebih dekat dengan orang tuanya," kata dia.

Sementara itu, Kepala Sekolah tempat siswa bersekolah, Hardiyanto mengatakan, dengan kejadian kemarin bisa menjadi pembelajaran bagi anak-anak.

"Dari kelima anak (tersangka) tidak semuanya melakukan hal negatif, namun ada anak yang cukup baik," katanya.

Sebagaimana diberikan sebelumnya, rombongan pelajar ini berlarian membawa sajam di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Magelang, Rabu (29/11). Rekaman video ini pun sempat viral di media sosial dan Kamis (30/11), Polres Magelang Kota mengamankan 26 pelajar. (red.IY)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News