Breaking News

Basis Jokowi di 2019 Disebut Dukung Prabowo, TKN Bicara Jokowi Effect

  


Jakarta,    penanasionalnews.co.id   - Basis pendukung Jokowi di Pilpres 2019 disebut beralih ke pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia. Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menilai hasil survei menunjukkan adanya Jokowi effect.

"Dari hasil survei Indikator Politik itu semakin menegaskan bahwa Jokowi Effect yang menyebabkan adanya efek tambahan elektoral sepenuhnya jatuh di pundak pasangan Prabowo-Gibran," ujar Direktur Jubir TKN Viva Yoga Mauladi, saat dihubungi, Sabtu (9/12/2023).

Viva mengatakan tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi lah yang menyebabkan insentif elektoral. Selain itu, adanya Gibran dinilai menjadi pengikat dari cottail effect Jokowi.

"Tingkat kepuasan publik atas kinerja pemerintahan Jokowi ini yang menyebabkan adanya insentif elektoral. Faktor Gibran kemudian menjadi tali pengikat elektoral dari efek ekor jas (cottail effect) Jokowi," kata Viva.

Viva meyakini angka dukungan dari basis Jokowi-Ma'ruf di 2019 ke Prabowo-Gibran akan terus meningkat. Terlebih adanya basis dukungan Jokowi yang berasal dari PDIP.

"Dari hasil survei Indikator Politik menyatakan bahwa dari data dan perolehan hasil pilpres 2019, basis dukungan Jokowi non PDI Perjuangan mayoritas memilih Prabowo-Gibran, sebesar 53,6 persen. Saya meyakini menjelang pencoblosan 14 Februari 2024 nanti angka itu akan semakin meningkat," kata Viva.

"Di samping itu, ternyata basis dukungan Jokowi yang berasal dari PDI Perjuangan yang memilih Prabowo-Gibran sebesar 20,6 persen," sambungnya.

Ia lantas meminta seluruh pihak untuk tetap menjaga berlangsungnya pemilu. Ia memastikan TKN akan menjaga pemilu berjalan secara konstitusional, Luber, Jurdil, aman damai.

"Dalam sisa waktu ini TKN Prabowo Gibran mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjaga pemilu sebagai pengejawantahan kedaulatan rakyat untuk meningkatkan kesadaran politik dan sebagai ajang pendidikan politik rakyat. Beda partai, pilihan, ide dan gagasan adalah suatu keniscayaan di alam demokrasi. Demokrasi itu taman sari kehidupan masyarakat Indonesia," kata Viva

Basis Jokowi di 2019 Dukung Prabowo-Gibran
Diketahui Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil suara berdasarkan basis pendukung Jokowi di Pilpres 2019. Hasilnya, pendukung Jokowi di Pilpres 2019 beralih ke pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.

Survei dilakukan pada 23 November hingga 1 Desember 2023 terhadap 5.380 responden. Survei dilakukan melalui survei tatap muka.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random sampling. Margin of error ±2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan hasil survei basis pendukung Jokowi-Ma'ruf di pemilu 2019 beralih ke Prabowo sebesar 40,1 persen. Sementara basis Jokowi di 2019 yang beralih ke Ganjar Pranowo sebesar 38,4 persen.

Berikut data survei Indikator Politik Indonesia terkait suara 3 paslon capres-cawapres berdasarkan basis Jokowi di Pilpres 2019:

Basis Pendukung Jokowi-Ma'ruf

Prabowo-Gibran: 40,1 persen
Ganjar-Mahfud: 38,4 persen
Anies-Cak Imin: 16,1 persen
Tidak Tau/Tidak Jawab: 5,4 persen

Basis Jokowi-Ma'ruf dari PDIP

Ganjar-Mahfud: 71,6 persen
Prabowo-Gibran: 20,6 persen
Anies-Cak Imin: 4,2 persen
Tidak Tau/Tidak Jawab: 3,6 persen

Basis Jokowi-Ma'ruf dari Non PDIP

Prabowo-Gibran: 53,6 persen
Anies-Cak Imin: 19,8 persen
Ganjar-Mahfud:19,1 persen
Tidak Tau/Tidak Jawab:7,5 persen

(red.al)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News