Breaking News

Sentra Terpadu Kartini Temanggung Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis di Ponorogo

 

Ponorogo, penanasionalnews.co.id  – Sentra Terpadu Kartini Temanggung menggelar bakti sosial (baksos) operasi katarak gratis di Kabupaten Ponorogo. Bertempat di RSUD dr. Harjono, ada ratusan orang yang melakukan operasi katarak gratis tersebut.

Bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Jawa Timur, Dinsos dan Dinkes Ponorogo, baksos operasi katarak ini dilakukan dalam rangka untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2023 yang diperingati setiap 3 Desember.

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana menerangkan bahwa pihaknya telah membuka pendaftaran calon pasien operasi katarak pada 15-24 November. Hasilnya, sebanyak 204 orang mendaftar.

Kemudian, tanggal 26 November dilakukan skrining dan yang memenuhi syarat sebanyak 106 orang. “Ada 106 orang dicek lagi, yang memenuhi syarat, hari ini langsung dilakukan tindakan operasi,” ungkap Iyan Kusmadiana, Minggu (3/12/2023).

Dalam baksos operasi katarak ini, pasien akan ditangani oleh 7 dokter spesialis mata dengan enam unit meja operasi. Setelah dioperasi pada hari ini, pasien juga diminta untuk melakukan kontrol sehari setelah operasi. Iyan menyebut bahwa Sentra Kartini Temanggung yang menanggung semua biaya pasien yang ikut operasi katarak.

Mulai dari biaya skrining dan operasi, transportasi tiga kali kegiatan, dan memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial ( ATENSI) pemenuhan hidup layak dan tambahan nutrisi. “Usai operasi, pasien pun saat pulang juga diberikan paket sembako,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Ponorogo Lisdyarita yang juga hadir dalam baksos operasi katarak ini merasa bersyukur. Warga yang mengikuti operasi katarak nampak antusias dengan kegiatan ini. Dia berharap apa yang dilakukan hari ini bermanfaat untuk masyarakat. Keadaan penglihatannya bisa jadi lebih terang.

“Terimakasih Sentra Terpadu Kartini Temanggung dan semua pihak yang terlibat. Semoga bermanfaat bagi masyarakat, semoga penglihatannya kembali terang,” pungkasnya.(red.IY)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News