Breaking News

Survei Debat Pilpres 2024 Indikator: Anies Unggul Capres, Gibran Cawapres

  


Jakarta,  penanasionalnews.co.id    - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis capres dan cawapres pilihan pasca debat Pilpres 2024. Hasilnya, debat capres diungguli oleh Anies Baswedan, sedangkan debat cawapres diungguli Gibran Rakabuming Raka.

Survei ini digelar pada 23-24 Desember 2023 atau setelah debat cawapres kedua yang digelar pada 22 Desember 2023 lalu. Survei melibatkan 1.217 responden yang dipilih secara acak.

Survei dilakukan dengan metode wawancara langsung lewat telepon oleh pewawancara yang sudah profesional. Adapun margin of error survei yakni +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Para responden yang menyaksikan debat capres ditanyakan 'secara umum menurut ibu/bapak capres mana yang tampil paling baik dalam acara debat semalam/kemarin malam'.

Berikut ini hasilnya:

Debat Capres
Anies Baswedan 35,5%
Prabowo Subianto 28,9%
Ganjar Pranowo 26,9%
TT/TJ 8,7%

Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi lantas menjelaskan terkait temuan debat capres. Dia memastikan Anies Baswedan unggul signifikan sedangkan Prabowo dan Ganjar hanya berbeda tipis.

"Tanggal 12 itu, 35,5% menganggap Anies Baswedan, debat capresnya, unggul signifikan, sementara Prabowo dan Ganjar itu selisihnya tipis, tidak signifikan meskipun secara absolut Prabowo dianggap lebih baik penampilannya dibanding Ganjar, tpai Anies overall dianggap sebagai pemenang debat capres," kata Burhanuddin saat memaparkan survei, Selasa (26/12/2023).

Kemudian, Indikator Politik Indonesia juga melakukan survei atas hasil debat cawapres. Para responden yang menyaksikan debat cawapres ditanyakan 'secara umum menurut ibu/bapak cawapres mana yang tampil paling baik dalam acara debat semalam/kemarin malam'.

Debat Cawapres
Gibran Rakabuming Raka 56,2%
Mahfud Md 24,2%
Cak Imin 12,3%
TT/TJ 7,3%

Burhanuddin mengatakan Gibran unggul dominan atas Mahfud dan Cak Imin. Menurutnya, meski Anies unggul, tidak memengaruhi debat cawapres.

"Kalau kita tanya siapa yang dianggap penonton debat cawapres yang unggul yang tampil baik dalam debat tersebut, mayoritas menganggap Gibran sebagai pemenangnya, dalam konteks debat capres meski Anies dianggap paling baik penampilannya, tapi tidak dominan, tidak capai 50%, tapi dalam konteks cawapres, Gibran secara mayuoritas dinobatkan sebagai pemenang debat, peringkat kedua Prof Mahfud Md, peringkat terakhir Muhaimin Iskandar," tuturnya.(red.al)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News