Breaking News

Hasil Survei Terbaru Capres 2024: Anies Vs Prabowo Vs Ganjar

  


Jakarta, 

penanasionalnews.co.id - Lembaga survei SPIN merilis hasil survei elektabilitas tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menjelang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029. Hasilnya, pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari dua pasangan calon lainnya.


Survei digelar pada 8 hingga 14 Januari 2024 dengan melibatkan 2.178 responden. Para responden dipilih dengan metode multistage random sampling di 38 provinsi Indonesia.

Survei dilakukan dengan direct interview menggunakan bantuan kuesioner. Adapun margin of error survei +/- 2,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Para responden ditanyakan 'seandainya pemilu serentak dilaksanakan hari ini siapakah dari tiga calon presiden berikut ini yang akan anda pilih?'. Hasilnya, elektabilitas Prabowo-Gibran tembus 50%.

Berikut ini hasil surveinya:
- Prabowo-Gibran 50,9%
- Ganjar-Mahfud 23,5%
- Anies-Cak Imin 18,7%
TT/TJ 6,9%

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Digrantara membeberkan survei tersebut. Dia menyoroti secara khusus terkait keinginan mayoritas responden yang ingin Pilpres 2024 berlangsung sekali putaran.

"Melihat keinginan publik agar Pemilu berjalan satu putaran, tampaknya terlihat dari terus meningkatnya elektabilitas pasangan calon Prabowo-Gibran. Survei per awal Januari 2024 ini, perolehan suara dukungan terhadap paslon nomor urut 2 meningkat menjadi 50,9%," demikian paparan survei, Senin (15/1/2024).

"Sementara paslon nomor urut 1 dan 3 tampaknya terus mengalami degradasi. Terutama paslon Anies-Muhaimin, cukup dalam terkoreksi. Koreksi dukungan tersebut merupakan dampak dari gaya debat Anies yang menyerang Prabowo. Keinginan Anies untuk mendapatkan peningkatan poin dukungan justru yang memperoleh poin dukungan Prabowo," lanjutnya. (red.siTri)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News