Breaking News

KPU Kota Kediri Bakar Surat Suara Pemilu yang Rusak

  


KEDIRI,   penanasionalnews.co.id   - Surat suara menjadi salah satu logistik Pemilu 2024 yang vital. Sayang, kondisinya tidak selalu sempurna. Bahkan, banyak yang dinyatakan rusak atau tak layak. Nantinya, itu semua akan dimusnahkan. Yakni dengan cara dibakar.

KPU Kota Kediri menyatakan bahwa seluruh surat suara rusak telah selesai disortir. Pun dengan proses persiapan distribusi logistik yang sudah selesai. Sayangnya, waktu pemusnahan ini belum dapat dipastikan. Masih menunggu petunjuk lebih lanjut.

“Kami belum dapat petunjuk harus dihanguskan kapan,” ujar Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia Moch. Wahyudi.

Namun, berdasarkan Pemilu sebelumnya, pemusnahan surat suara dilakukan setelah distribusi logistik rampung dilakukan. “Mungkin setelah itu (dimusnahkan, red),” ucap Wahyudi.

Karena kondisi geografis Kota Kediri yang relatif berdekatan, KPU akan melakukan distribusi secara serentak. Tepat sehari sebelum hari pemungutan. Yakni, pada 13 Februari 2024. Logistik akan dikirim dari gudang logistik KPU Kota Kediri menuju kelurahan masing-masing.

“Nanti armada yang kami gunakan mobil box. Bukan lagi truk terbuka. Harapannya memang meminimalisir adanya kerusakan karena sekarang kan musim hujan,” tandasnya.

Pria asal Kelurahan Bandar Kidul itu menyebut, kerusakan surat suara disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari robek, cetakan yang tidak sempurna, hingga noda tinta yang berada di dalam kotak peserta pemilu.

Meski begitu, menurut Wahyudi kerusakan cetak surat suara itu tak begitu signifikan. Seperti contoh, surat suara dewan perwakilan daerah (DPD) yang rusak sebanyak 159 lembar. “Tapi itu tidak signifikan dari jumlah yang kita lipat sebanyak 238.792 lembar,” tandasnya.(red.tim)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Pena Nasional News